Pasang Iklan

TUGU ALE - ALE KOTA KETAPANG



Konon ada sebuah cerit
a tentang Tugu ale - ale yakni berawal dari cerita tentang pohon Ketapang Raksasa. Pada zaman dahulu kala ,orang-orang hidup di bawah pohon raksasa itu. Bentangannya itu menutupi perkampungan dari hulu ke hilir karena begitu besarnya pohon itu. Kemudian ada seorang warga yang berinisiatif untuk menebang pohon itu, karena pohon raksasa itu mengganggu aktivitas masyarakat. Padi tidak subur karena tidak ada matahari. Pakaian tidak kering karena tidak tersentuh panasnya sinar matahari dan banyak masyarakat yang sakit beri-beri. Namun sialnya, masyarakat tersebut tidak bisa menebang pohon itu. Karena setiap kali dipotong pohonnya kembali ke bentuk semula.

Suatu hari seorang warga mendapat wangsit dari Dewata empunya pohon. Beliau berpesan kepadanya " Kamu tidak akan bisa menebang pohon itu hanya dengan tenaga dan besi yang kamu punya,tempalah sebuah kapak Perak untuk menebang pohon itu, tapi jangan salahkan saya atas apa yang kamu perbuat, karena kalian tidak senang kami hidup bersama kalian."

Akhirnya dia terbangun dan memberitahukan apa yang telah dimimpikannya kepada tetua. Kemudian ia membuat sebuah kapak Perak. Sungguh aneh bin ajaib, Akhirnya pohon itu dapat ditebang dan orang-orang sudah mempersiapkan diri dari kejauhan dari Hulu dan ada yang ke Hilir. Sungguh betapa Raksasanya pohon itu, dan ketika tumbang terjadilah keajaiban. Pohon itu raib bak ditelan bumi, Kemanakah Pohon Ketapang raksasa itu ?
Rupanya pohon Raksasa itu berubah menjadi sebuah sungai besar yang sekarang dinamakan Sungai Pawan yang membentang dari Hulu ke Hilir dan buah-buah dari pohon Ketapang itu berubah menjadi hewan kerang yang kita sebut sebagai

Ale-Ale.Sayangnya,orang-orang desa itu menyesal karena menebangnya, karena kulit mereka menjadi hitam akibat panas terik matahari dan tidak ada lagi pohon besar yang dapat melindungi mereka. Sejak saat itu desa itu dinamakan Ketapang.


Keyword
Tugu Ale Ale Kota Ketapang
Tugu Ale Ale Ketapang
Sejarah Tugu Ale Ale Kota Ketapang
Legenda Tugu Ale Ale Kota Ketapang
Cerita Tugu Ale Ale Kota Ketapang
Ale Ale Kota Ketapang
Maskot Kota Ketapang
Cerita Rakyat Kota Ketapang


Edit Post :
EQUATOR ONLINE







Sumber/Image :
Ketapang kota Kayong

Labels: EQUATOR ONLINE

TUGU ALE - ALE KOTA KETAPANG

Back To Top