MIE PANJANG UMUR KHAS KOTA SINGKAWANG



Mie Sua atau biasanya juga dikenal dengan sebutan Siu Mie ini , Menurut kepercayaan etnis Tionghoa merupakan mie yang memberikan keberkahan. Mie Sua sendiri memiliki bentuk panjang yang mengisyaratkan kehidupan kekal serta memberikan usia panjang.

Mie ini biasanya disajikan pada saat perayaan tertentu seperti Hari ulang tahun sanak saudara . Bentuk yang panjang itulah diharapkan keluarga yang merayakan bisa panjang umur seperti halnya panjang mie tersebut.


Mie Sua ini berasal dari daratan Tiongkok , Yang dibawa oleh nenek moyang Etnis Tionghoa ke Kota Singkawang , Kalimantan barat .

Robin , Salah satu masyarakat Kota Singkawang yang merupakan penjual Mie Sua didaerah Singkawang Selatan ini mengaku telah 65 tahun menjalankan usaha mie ini dan ia juga merupakan generasi ke empat yang tetap mempertahankan pembuatan mie berbahan baku terigu dan adonan warisan leluhur nya agar cita rasanya tetap sama seperti dahulu kala dilidah para pelanggannya. Mie Sua sendiri memiliki beberapa jenis , Diantaranya ada mie sua asin dan mie sua telur . Perbedaan jenis mie tersebut hanyalah pada penggunaan adonan telur dan tidak.

Mie Sua biasanya mengalami peningkatan permintaan pada hari besar perayaan Imlek , Dalam sehari robin mengaku bisa menghabiskan 15 karung terigu yang 25 Kilogram.

Harga Mie Sua , Relatif cukup terjangkau . Dan pastinya Mie ini akan memanjakan lidah anda dengan cita rasa yang sangat menjanjikan untuk di coba.




Keyword
Mie Sua Kota Singkawang
Mie Khas Kota Singkawang
Makanan Khas Kota Singkawang
Mie Panjang Umur Khas Kota Singkawang
Mie Unik Kota Singkawang
Makanan Unik Kota Singkawang
Mie Lezat Khas Kota SingkawangMie Sua Makanan Khas Kota Singkawang
Siu Mie Makanan Khas Kota Singkawang
Siu Mie Panjang Umur
Mie Khas Kalimantan Barat


Edit Post By Equator Online
Sumber : KalbarOnline
Image : Google.com

Labels: EQUATOR ONLINE

MIE PANJANG UMUR KHAS KOTA SINGKAWANG

Back To Top