SUNGAI KAPUAS IN MEMORIES



Sungai Kapuas atau dengan nama lainnya Sungai Batang Lawai ini merupakan sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Barat.
Aliran Sungai Kapuas Juga Membelah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat , Yakni Kota Pontianak .
Sungai Kapuas ini merupakan Sungai Terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1.143 km.
Belakangan ini Sungai Kapuas Tercemar berat, Akibat aktivitas Penambangan Emas , Limbah Industri / Pabrik maupun Limbah Sampah yang dibuang dengan sengaja di aliran sungai kapuas ini oleh Oknum Penduduk Sekitar .
" Bukan nya menjaga kebersihan Sungai Kapuas malah mencemarinya !! "

Banyak Orang Tua di zaman dahulu Bilang Jika Air Sungai Kapuas itu jernih dan Bisa di Minum Tanpa Harus di saring Oleh Perusahaan Air Minum

Dampak yang Equator Online Khawatirkan adalah pencemeran Sungai Kapuas yang terjadi ini nantinya akan menghambat Populasi Spesies Ikan yang hidup di Sungai Kapuas , Seperti yang kita ketahui jika ada 300 Jenis Ikan yang hidup di Sungai Kapuas .
Jika Populasi Spesies Ikan yang hidup di Sungai Kapuas terhambat dan berkurang . Jelas penduduk sekitar aliran Sungai Kapuas sangat dirugikan , Yang Selama ini menjadikan sungai kapuas lowongan Mata Pencaharian sebagai Penangkap Ikan oleh penduduk sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari , Malah nantinya untuk makan sehari - hari saja susah !!



Apakah kita mau jika Keindahan Sungai Kapuas Hanya Menjadi Kenangan ?

Pemerintah Daerah setempat seharusnya berkerjasama Dengan Masyarakat agar dapat menemukan Solusi Permasalahan yang terjadi di Sungai Kapuas ini agar nantinya Sungai kapuas tetap bisa dinikmati keindahan air dan spesies yang hidup di Sungai Kapuas .

Walaupun telah Mengalami Pencemaran , Sungai Kapuas tetap menjadi Urat Nadi bagi Kehidupan Masyarakat di sepanjang aliran sungai ini.
Sebagai Sarana Transportasi yang Murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat.

Sosial Budaya Masyarakat Sungai Kapuas perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengingat Pesatnya Kemajuan Teknologi dan Informasi dapat Mempengaruhi Pola Berpikir Masyarakat di Sekitar aliran Sungai Kapuas.



Oleh :
EQUATOR ONLINE

Sebagian Referensi dikutip dari Wikipedia
Image : Facebook.com

Labels: EQUATOR ONLINE

SUNGAI KAPUAS IN MEMORIES

Back To Top