LOMBA SUMPIT INTERNASIONAL DI KOTA SINGKAWANG




Kota Singkawang dipercaya pemerintah pusat menjadi tuan rumah Lomba Sumpit Internasional bertajuk International Borneo Sumpit Tournament, 18-20 November 2011.

Singkawang dinilai memenuhi syarat aksesibilitas dan akomodasi meningkatkan kunjungan wisata di Kalimantan Barat melalui pintu masuk Entikong.


“Dari sisi akomodasi, Kota Singkawang dan Kota Pontianak yang paling siap. Respons positif justru dari Singkawang,” jelas M Faried, Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kepada wartawan di Pontianak.
Faried didampingi Kepala Dinas Pariwisata yang juga menjabat Sekda Kota Singkawang Syech Bandar mengatakan, event baru ini sebagai upaya menggenjot arus kunjungan wisata ke Kalimantan Barat melalui pintu masuk Entikong, Kabupaten Sanggau.

Arus kunjungan wisatawan ke Kalimantan Barat melalui pintu masuk Entikong kurang dari 25 ribu orang setiap tahun. Artinya, kontribusi provinsi itu dalam menarik wisatawan hanya sebesar 0,4 persen dari jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.
“Jumlah kunjungan wisman melalui pintu masuk Entikong kurun Januari-Agustus 2011 sebanyak 16.340 orang. Bandingkan dengan Batam yang berkontribusi hingga 32 persen,” kata Faried.
Karena itu, kata dia, berbagai kegiatan promosi telah dilakukan baik yang diinisiasi Kemnparektif maupun mendukung event yang diselenggarakan pemerintah provinsi itu.
Syech Bandar menyatakan, Kota Singkawang siap mengadakan event itu. Sedikitnya sudah 153 peserta terdaftar dan diperkirakan terus bertambah hingga pendaftaran ditutup sebelum technical meeting, 17 November mendatang.
Dari 153 peserta, 31 peserta merupakan komunitas sumpit dari Sarawak, Malaysia. Kalimantan Timur mengirimkan 14 peserta dan panitia sedang menunggu konfirmasi keikutsertaan Kalimantan Selatan.
“Singkawang memiliki 9000 kamar dari semua hotel yang ada. Taman Burung Singkawang kami nilai layak sebagai lokasi penyelenggaraan even besar ini.

Untuk menggenjot jumlah peserta, pihaknya juga telah menyebarkan undangan ke berbagai provinsi di Indonesia.
“Mengenai keunikannya Kalimantan merupakan original sumpit. Ini terkait dengan kesiapan Kalbar sebagai tuan rumah yang dalam hal ini diwakili Kota Singkawang.

Sumber:
Harian Equator
Labels: EQUATOR ONLINE

LOMBA SUMPIT INTERNASIONAL DI KOTA SINGKAWANG

Back To Top