PESAWAT TANPA AWAK HADIR DI KOTA PONTIANAK



Pangkalan Udara (Lanud) Supadio Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Sekarang telah dilengkapi dengan pesawat tanpa awak buatan Israel, Searcher II.

Panglima Komando Operasi TNI AU I Marsekal Muda TNI Dede Rusamsi, mengatakan pesawat Searcher II jenis sama yang digunakan angkatan bersenjata India. Pesawat itu digunakan India menjaga perbatasan dengan Cina dan Pakistan. Dan Indonesia telah membeli empat buah unit pesawat tanpa awak tersebut.

Pesawat tanpa awak berfungsi sangat strategis mempertahankan kedaulatan NKRI. Soalnya pesawat tersebut dapat dikendalikan dari jarak jauh, tanpa menggunakan awak.
Searcher II dapat dipersenjatai dan dilengkapi peralatan deteksi pada kondisi malam dan siang hari.

Indonesia juga berencana membeli pesawat T-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan.
Program ini pada awalnya dimaksudkan untuk mengembangkan pesawat latih secara mandiri yang mampu mencapai kecepatan supersonic untuk melatih dan mempersiapkan pilot bagi pesawat Sukhoi.

Selain itu TNI AU juga menerima hibah 24 pesawat F16 dari Amerika. Pesawat T-50 merupakan pengganti dari berbagai pesawat latih dan serang ringan. Termasuk pesawat T-38 dan F-5B untuk pelatihan dan Cessna A-37B Close Air Support yang dioperasikan di Indonesia.
Dan Indonesia sekarang ini juga telah dilengkapi radar militer yang ditempatkan di Kota Marauke(Papua) Saumlaki di Kepulauan Maluku dekat Ambon, Kota Timika(Papua) dan Kota Singkawang(Kalimantan Barat)
Labels: EQUATOR ONLINE

PESAWAT TANPA AWAK HADIR DI KOTA PONTIANAK

Back To Top