Pasang Iklan

PENGGUNAAN BAHASA SAMBAS DI KOTA ZAMBOANGA NEGARA FILIPINA

  Saya Sedikit terkejut ketika mendengar akan hal ini, Awalnya saya tidak percaya jika di pasar tradisional di Kota Zamboanga, yang terletak disebelah selatan Negara Filipina itu kita bisa mendengarkan dialek ataupun tutur kata yang digunakan masyarakat setempat memiliki kemiripan dengan bahasa Sambas, Kalimantan Barat.
 Anda pasti heran ?, Salah satu contoh yang dapat kita ambil ialah penyebutkan Senjata Sundang atau yang lebih dikenal di nusantara dengan sebutan Keris. Bagi masyarakat Sambas, Keris disebut dengan Sundang. Penyebutan itu ternyata digunakan pula oleh masyarakat di Kota Zamboanga negara Filipina. 
1.Apakah hal ini didasari karena masyarakat Zamboanga dan masyarakat Sambas sama-sama Bangsa Melayu ?
2.Ataukah pernah terjadi pengembaraan Masyarakat Sambas ke daerah Zamboanga tersebut berkaitan dengan kepentingan yang entah saya sendiri tidak mengetahui akan hal itu.

Sundang


Meski saya belum memiliki banyak bukti untuk dilampirkan pada pembahasan kali ini, Paling tidak hal ini bisa menjadi objek untuk diteliti oleh para budayawan kita untuk mengungkapkan tentang sejarah dimasa lalu. Dan pembaca mungkin diantaranya bisa membantu saya untuk menelusuri lebih jauh tentang kebenaran ini disebabkan oleh hal-hal apa saja yang bisa dijadikan bukti rujukan kedekatan bahasa ini.





Source & Image
Equator Online Blog
Google.com

Labels: EQUATOR ONLINE

PENGGUNAAN BAHASA SAMBAS DI KOTA ZAMBOANGA NEGARA FILIPINA

Back To Top