SEJARAH SUNGAI DI KOTA SINGKAWANG

Kalau bicara tentang Sungai Singkawang, maka yang mungkin terlintas difikiran orang adalah sungai yang kotor , banyak sampah dan berbau. Orang mungkin tidak percaya kalau Sungai tersebut dulunya merupakan urat nadi dan jalur utama kegiatan ekonomi Kota Singkawang. Bahkan Sungai tersebut merupakan saksi sejarah perkembangan Singkawang dari sebuah tempat persinggahan para pencari emas zaman kerajaan sambas hingga menjadi sebuah kota multi etnis sekarang.

Pada sekitar tahun 1700-an, ketika imigran dari negeri Cina datang ke kalimantan barat untuk mencari emas, mereka datang ke Singkawang melalui dua jalur, yaitu jalur darat dan jalur sungai. Sungai Singkawang yang merupakan salah satu jalur utama , memegang peranan yang sangat vital sebagai jalur transportasi barang dan manusia. Ketika itu telah dibangun sebuah dermaga/pelabuhan sungai yang cukup ramai , dimana kegiatan bongkar muat barang berpusat di pelabuhan tersebut. Kalau anda ke Singkawang lihatlah di jalan Budi utomo, tepatnya dibelakang Studio Foto mawar, anda dapat melihat sisa sisa kejayaan pelabuhan tersebut (sekarang tinggal bangunan tua milik warga Tiong Hua yang dulunya merupakan pusat pasar pelabuhan)


Selanjutnya, setelah zaman kemerdekaan, juga dibangun pelabuhan besar di Simpang Empat, pelabuhan ini merupakan pelabuhan resmi milik PT.PELNI untuk mengangkut penumpang akan berangkat ke Pulau jawa. Sayang , sisa sisa pelabuhan ini juga telah dibongkar sehingga kita tidak bisa melihat bagaimana dulu simpang empat merupakan sebuah pelabuhan besar.

Seiring perkembangan zaman,dengan semakin padatnya populasi penduduk sertaberbagai faktor alam maka lama kelamaan Sungai Singkawang mengalami pendangkalan, baik oleh endapan lumpur maupun sampah sampah dari rumah rumah penduduk dan pasar yang ada di pinggir sungai.Kini Zaman keemasan Sungai Singkawang tinggal cerita saja, pelabuhan yang dulu jaya kini tinggal puing puing bahkan telah hilang ditelan perkembangan kota .





Source & Image Singkawang Harmony


Keyword
Sungai Kota Singkawang
Nama Sungai Di Kota Singkawang
Sungai Jembatan Agen
Sungai Dan Pelabuhan PT.PELNI Di Kota Singkawang
Sejarah Sungai Di Kota Singkawang
Pelabuhan Di Kota Singkawang
Sejarah Sungai Di Taman Burung Kota Singkawang
Labels: SEJARAH

SEJARAH SUNGAI DI KOTA SINGKAWANG

Back To Top