UA-37306058-1
Loading...
22 February, 2012

PETA KOTA SINGKAWANG TEMPO DULU

Klik Gambar Untuk Memperbesar





Tapak daerah seputar ”AFDELLING SINGKAWANG (Sekawang)” di wilayah Westkust Borneo - Kalimantan Barat, dalam Peta Topografi Tahun 1944.


Pada peta keseluruhan (versi utuh) ditunjukkan keadaan topografi, sebaran pemukiman penduduk, sebaran hutan, jenis tanaman keras dominan, serta nama kampung dan bentang alam penting. Hal yang menarik pada peta ini antara lain:


1. Penamaan lokasi-lokasi dan bentang alam yang asli dikenal saat itu dalam Bahasa Cina (dialek Kek atau Hakka?), seperti: Sja Kok, Hok Lo Nam, Si Nam, Hang Moi, Sam Pa Lit, Tshong Sa Pa, Foeng Sjoei Kong, Tsoek Theo Nam, dll. Peneraan nama-nama seperti ini mencerminkan keberadaan entitas Komunitas Cina yang merupakan bagian tak terpisahkan dari sejarah keberadaan Singkawang,


2. Penandaan komunitas-komunitas sukubangsa dominan yang menempati kampung atau daerah tertentu, yakni: tanda M untuk komunitas Malay atau Melayu, tanda C untuk komunitas Chinese atau Cina, serta tanda D untuk komunitas Dyak atau Dayak.


3. Penandaan lokasi-lokasi dengan nama-nama yang terkait dengan entitas Komunitas Cina dalam struktur ’peran pengelolaan & jabatan publik’ yang merupakan bagian dari sejarah keberadaan Singkawang, seperti: Kapitan/ Captain, Kapitein der Chineezen/ Chinese Official, Lauthai/ Chinese Official, serta Luitenant der Chineezen/ Chinese Official.


Peta lembar "Singkawang" ini adalah bagian dari peta seri Borneo yang dibuat oleh Army Map Service, U.S. Army, Washington D.C, tahun 1944. Untuk batas-batas wilayah pemerintahan serta khusus informasi hidrografinya, merujuk pada peta pembuatan sebelumnya (Atlas van Tropisch Nederland) tahun 1917, 1938 dan 1942.


NOTE:

Di periode tahun data-data dasar peta ini dirujuk (1917– 1942), Singkawang selain berstatus sebagai sebuah onderafdelling (setingkat kecamatan bahkan kota utama), juga digunakan sebagai penamaan sebuah afdelling (setingkat Kabupaten), di bawah wilayah Kesultanan Sambas. Sekarang Singkawang adalah sebuah kotamadya, baru sejak tahun 2001, setelah sebelumnya menjadi bagian dari Kabupaten Bengkayang dan sebelumnya lagi bagian dari Kabupaten Sambas.





Keyword
Peta Kota Singkawang
Gambar Kota Singkawang
Peta Kota Singkawang Tempo Dulu
Peta Kota Singkawang Jaman Dulu
Gambar Kota Singkawang Tempo Dulu
Gambar Kota Singkawang Jaman Dulu
Gambar Kota Singkawang

0 komentar:

Post a Comment

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan Klik Disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di EQUATOR ONLINE
 
TOP