GUNUNG JEMPOL KOTA SINGKAWANG




Gunung Poteng Atau Biasa Disebut dengn Gunung JEMPOL merupakan kawasan cagar alam di Kota Singkawang , Kalimantan Barat. Dengan keunikan flora yang tumbuh di dalamnya seperti bunga Raflesia, Tuan Mudae, Dendrobium Singkawang Ense (Anggrek Singkawang) sehingga menjadi tempat menarik untuk dikunjungi.
Sejak jaman Belanda sampai sekarang Gunung Poteng merupakan sumber air bersih kota Singkawang. Tempat ini terletak di Pajintan sekitar 7 km dari Timur kota Singkawang.
Di Pajintan ini juga kita dapat melihat bongkahan batu besar yang unik karena proses alam sehingga menyerupai buah belimbing. Masyarakat setempat menyebutnya batu bergantung karena seperti terapung diatas air.
Gunung ini sering disebut Gunung JEMPOL karena masyarakat sekitar sering menyebutnya,dan dilihata dari kejauhan tampak seperti jempol. Letak Kawasan Gunung Poteng merupakan salah satu gunung yan gterdapat di kawsan Cagar Alam Raya Pasi, dimana Gunung Poteng ini terletak di Kecamatan Singkawang Timur dengan letak geografis antara 0º 45’17” - 01º01’21,51”LU dan 108º59’45,1” - 109º10’19”BT. Aksebilitas Untuk menuju ke daerah Gunung Poteng dapat melewati ruas jalan Singkawang menuju Bengkayang yang dapat ditempu dengan kendaraan umum jenis oplet dengan waktu tempuh sekitar 25 menit sampai dimuka jalan Dusun Sylca Poteng. Dari muka jalan menuju wisma Gunung Poteng dapat ditempuh oleh kendaraan roda empat dengan jarak ± 3 Km, kondisi jalanan cukup baik dan telah beraspal dan jika berjalan kaki meerlukan waktu ± 45 menit. Flora Berbagai jenis flora yang dilindungi di Cagar Alam ini antara lain Bunga Bangkai (Amorphopallus sp), Bunga Bintang (Rhizanthes zepelii), Bunga Padma Raksasa ((Rafflesia tuan-mudae) dan eberapa jenis anggrek.





Keyword
Gunung Jempol Kota Singkawang
Gunung Sari Kota Singkawang
Lembah Sari Kota Singkawang
Pegunungan Kota Singkawang
Gunung di Kota Singkawang
Labels: EQUATOR ONLINE

GUNUNG JEMPOL KOTA SINGKAWANG

Back To Top