SUNGKUI MAKANAN NIKMAT KHAS KOTA SANGGAU

Tak lengkap bila anda datang ke Sanggau belum merasakan kuliner khasnya menu makanan daun Sungkui yang harum. Makanan khas dari Sanggau ini setelah diolah menjadi makanan bentuknya tetap sederhana, lonjong dan tipis serta memanjang. Akan tetapi, kesederhanaan tidak mengurangi citarasanya, beragam kalangan dari strata tertinggi hingga terendah dipastikan ketagihan dengan rasa lezatnya.

Bahkan, dikalangan Keraton Surya Negara Sanggau, Sungkui merupakan menu wajib. Dapat dipastikan setiap tamu yang singgah kesanaa akan disajikan makanan yang membuat liur anda ketagihan. Pangeran Ratu Surya Negara, Drs Gusti Arman menyatakan Sungkui bukan hanya makanan tradisional biasa. Menu Sungkui adalah menu andalan untuk tamu terhormat bagi kerajaan.

Bahan utama Sungkui sebenarnya sangat sederhana yakni beras yang dibungkus dengan daun keririt (Sungkui). Mirip dengan ketupat atau lontong, namun selain harum baunya. Sungkui juga bisa bertahan selama 4 hari.

Cara memasaknya juga sangat sederhana, setelah dibungkus kedalam daun keririt lalu diikat menjadi 10 bungkus dengan daun yang sama. Setelah itu direbus sekitar empat jam, dimana setiap dua jam sekali harus dibolak-balik agar dapat masak merata.

Nah, setelah jadi nasi Sungkui dapat dihidangkan dengan lauk pauk pilihan lainya seperti serondeng, sambal nanas, opor ayam, gulai dan rendang sapi. Tentunya yang paling wajib harus ada yaitu serondeng.

Untuk lebih sempurna maka harus juga ditambahkan dengan lemang dan srikaya. Srikaya disini dimaksudkan sebagai pencuci mulut. Tentunya dapat dibuat sendiri dengan olahan telur, gula dan santan yang disteam.

Hmm... bagi anda pencinta kuliner. Nasi Sungkui sungguh akan terasa “maknyus” bila dinikmati bersama keluarga.











Keyword
Makanan Sungkui Khas Kota Sanggau
Makanan Sungkui Khas Keraton Surya Negara Sanggau
Resep Makanan Sungkui
Cara Pembuatan Makanan Sungkui
Sungkui



Source & Image
Suara Kalbar
Tribun Pontianak
Labels: EQUATOR ONLINE

SUNGKUI MAKANAN NIKMAT KHAS KOTA SANGGAU

Back To Top